Senin, 26 Januari 2015

Mengenal Masakan Khas Buton Sulawesi Tenggara

Apa yang ada dipikiran anda jika menyebut tentang makanan, pastinya semua orang merasa enak, lezat , dan lapar..... itu hal yang sering dirasakan orang jika menyebut tentang makanan, apalagi makanan itu sudah ada dihadapan kita , woww rasanya itu udah gak tahan. . . hehehehe apalagi saya, kalo udah ada makanan enak langsung diserbu dah, kayak mau perang aja hehehehe

Oke langsung aja kali ini saya akan membahas tentang "mengenal masakan khas Buton Sulawesi Tenggara" . Diantaranya adalah :

1. Kasuami

     Makanan yang satu ini memiliki bentuk kerucut, terbuat dari  parutan ubi kayu dengan campuran         kelapa, makanan ini adalah salah satu jenis makanan pokok yang ada dibuton.

2. Kasuami dan Ikan bakar colo-colo



 3. Ikan Parende
      Masakan ini sangat digemari oleh masyarakat sekitar, sebab rasanya enak gurih , dimasak dengan perpaduan rempah-rempah khas buton sehingga memiliki rasa yang sangat enak, tenang saja bagi anda yang ingin mencoba ikan parende silahkan kunjungi rumah makan lesehan(paseba) atau restoran yang ada disekitar kota Buton sebab tersedia aneka jenis ikan parende.






4. Antona Tala
    Makanan ini adalah salah satu jenis makanan yang hanya dihidangkan pada waktu-waktu tertentu, seperti Maulid Nabi Muhammad SAW(Haroana Maludu) ,Acara besar atau proses keagamaan, dan Hari Raya Idul Fitri maupun Idul Adha, Makanan ini terdiri dari waje,onde-onde, baruasa,bolu khas buton,kalo-kalo dan jenis makanan lainnya yang dihidangkan dalam satu talang .




5. Manu Nasu Wolio
    Masakan ini adalah sejenis opor ayam, yang membedakannya dengan opor ayam pada umumnya adalah perpaduan rempah-rempah khas buton yang memiliki cita rasa tinggi, sehingga bagi anda yang mencicipinya pasti akan menemukan rasa baru pada lidah anda.
6. Lapa-lapa
    Makanan ini hanya dihidangkan pada acara tertentu contohnya pada hari raya idul fitri dan idul adha,terbuat dari beras dengan campuran rempah-rempah dan berukuran panjang.
7. Tuli-tuli
    Makanan ini merupakan salah satu jajanan gorengan yang berbentuk angka delapan, terbuat dari ubi kayu yang diparut dan telah mengalami proses sampai menjadi tepung. Tuli-tuli biasanya dimakan bersama sambel khas buton ,dan saraba(wedang jahe khas sulawesi).


8. Kambewe
    Terbuat dari jagung .
 9. Sinonggi
     Terbuat dari sagu , biasanya dihidangkan dengan kuah sayur dan kuah ikan yang menjadi teman santapan.



 10. Gula Kelapa
        Makanan ini adalah oleh-oleh khas dari buton .Rasanya manis dan kenyal .



Itu sekilas dari jenis makanan khas buton, masih banyak lagi jenis makanan lainnya ...... terimakasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar