Jumat, 19 Desember 2014

Tempat wisata terbaru Kota Baubau



1.   Kolema, Holliwood Baubau
Jika anda belum pernah melihat langsung Landamark Holliwood di Los Angeles, Amerika Serikat, anda tak perlau jauh-jauh ke sana. Sebab, Landamark bergengsi dunia itu, anda bisa temui di Kota Baubau. Tulisan Baubau, yang memanjang di atas Bukit Kolema, benar-benar menyerupai tulisan Holliwood di Los Angeles-Amerika.






Bukit Kolema terletak sekitar lima kilo meter arah Timur kota Baubau dengan ketinggian sekitar  lebih dari  seratisan meter dari permukaan laut. Di puncak bukit itu dibangun pelataran gantung  (taman) dan satu tembok bertuliskan ”Baubau” sepanjang 30 meter dan tinggi 15 meter. Tulisan Baubau, terlihat jelas dari kejauhan, khusnya dilihat ketika anda berada di tengah laut. Dengan letak yang menghadap ke barat seakan menyambut kedatangan anda di kota Baubau yang semerbak.




Dahulu, taman gantung bukit Kolema hanya dikenal hanya berupa jurang yang curam dan ditumbuhi semak belukar, serta terkenal angker. Di lokasi ini juga sering terjadi kecelakaan yang diduga disebabkan oleh hal-hal gaib seperti yang diyakini oleh orang-orang kebanyakan. Namun, segala sesuatu yang dianggap seram dan mengerikan tersebut disulap menjadi subuah tempat yang indah oleh pemerintah kota Baubau.



Ketika anda berada di bukit tersebut, anda bisa menyaksikan panorama kota Baubau, eksotisme pantai dan bukit-bukit lain di pulau-pulau tetangga. Apalagi anda berada pada waktu malam hari. Lampu-lampu di dalam kota seperti seribu bintang  yang ada diangkasa. Keindahannya sulit untuk diungkapkan dengan bahasa lisan, tapi hanya bisa dirasakan dalam jiwa.

Taman gantung Kolema dihubungkan dengan pelataran Wantiro yang ada ditepi jurang yang ketinggiannya kira-kira sekitar 20 meter lebih. Pelataran Wantiro memiliki panjang kurang lebih dari 1 kilo meter. Di sini anda bisa menikmati aneka kuliner khas Wantiro, seperti ubi goerng, saraba, sukun goreng, kopi wantiro, dan jajanan khas lainnya.

Dulunya, kawasan ini (Wantiro) hanya sebagai tempat pembuangan sampah liar. Setelah dibangunnya pelataran Wantiro ini, kini tempat itu berubah menjadi kawasan yang paling diminati masyarakat dan wisatawan lokal maupun asing. Lokasi ini juga merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan sunset yang tenggelam dibalik kota Baubau.





2.      Pantai kamali

Pantai Kamali terletak di jantung Kota Baubau di dekat Pelabuhan Murhum merupakan kawasan wisata kuliner pada malam hari. Menu yang disediakan beraneka ragam mulai dari snack hingga makanan berat dengan harga terjangkau. Pantai ini merupakan pantai kebanggaan masyarakat Baubau layaknya Pantai Losari milik Kota Makassar, Sulawesi Selatan dan Kawasan Boulevard milik Kota Manado, Sulawesi Utara. Event-event penting sering diadakan di sini. Terdapat pula aneka jajanan khas kota ini di Pantai Kamali.
Pantai Kamali dapat diakses dengan menggunakan angkot, taksi, becak, dan kendaraan pribadi maupun sewaan. Fasilitas yang disediakan hotspot, arena bermain anak, bus wisata yang mengantar dari Pantai Kamali ke Benteng Keraton dan kembali ke Pantai Kamali, dan lantai refleksi. Di pantai ini pula terdapat Monumen Naga sebagai maskot Kota Baubau yang berdiri megah . Tidak perlu membeli tiket untuk ke kawasan ini. Gratisssss  lohhhhhhhhhh ……..











3.    Benteng keraton buton
Benteng Keraton Buton merupakan salah satu objek wisata bersejarah di Baubau,sulawesi tenggara  Benteng ini merupakan bekas ibukota kesultanan buton memiliki bentuk arsitek yang cukup unik, terbuat dari batu kapur/gunung. Benteng yang berbentuk lingkaran ini dengan panjang keliling 2.740 meter. Benteng Keraton Buton mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dan Guiness Book Record yang dikeluarkan bulan september 2006 sebagai benteng terluas di dunia dengan luas sekitar 23,375 hektare.
Benteng ini memiliki 12 pintu gerbang yang disebut Lawa dan 16 emplasemen meriam yang mereka sebut Baluara. Karena letaknya pada puncak bukit yang cukup tinggi dengan lereng yang cukup terjal memungkinkan tempat ini sebagai tempat pertahanan terbaik di zamannya. Dari tepi benteng yang sampai saat ini masih berdiri kokoh anda dapat menikmati pemandangan kota Baubau dan hilir mudik kapal di selat Buton dengan jelas dari ketinggian,suatu pemandangan yang cukup menakjukkan. Selain itu, di dalam kawasan benteng dapat dijumpai berbagai peninggalan sejarah Kesultanan 





4.  Bukit teletubies pasarwajo

Jejeran bukit-bukit nan indah di kota baubau ini membuat siapa saja yang melihatnya terkesan . bagaimana tidak bukit teletubies ini hampir mirip dengan bukit teletubies yang ada di gunung bromo , bukit ini terletak di pinggir jalan jika anda ingin ke pasarwajo . Pemandangannya sangat indah,dengan pepohonan yang jarang, angin bertiup kesana kemari membuat suasana menjadi sejuk, seakan-akan anda sedang berada di padang rumput . Cocok untuk anda yang suka  berfoto atau selfie di tempat ini.










5.      Pantai nirwana

Pantai nirwana , inilah nama dari pantai yang terkenal di Sulawesi tenggara tepatnya dikota Baubau pulau Buton . Pantai Nirwana sebuah kawasan obyek wisata bahari yang terletak di bibir pantai barat Kota Bau-Bau yang dengan kekayaan dan keunikannya sebagai satu pantai yang memiliki berbagai keunggulan dalam dunia wisata bahari. Lokasi wisata alam pantai Nirwana yang berada di kelurahan Sula kecamatan Betoambari Kota Bau-Bau selain memiliki panorama alam yang indah juga dapat dimanfaatkan untuk ajang olah raga diving dan therapy untuk penyembuhan beberapa jenis penyakit. Memiliki pasir putih yang panjang sekitar 3 kilometer .







Inilah tempat wisata yang terkenal dikota baubau , masih banyak tempat wisata lainnya yang bisa anda kunjungi dikota Baubau ,pulau Buton seperti air terjun samparona, air terjun Tirta rimba, gua lakasa yang menyuguhkan stalaktit dan stalakmit, gua moko , permandian alam bungi  yang menyuguhkan air terjun bertingkat dan objek wisata lainnya . . .

Jika ada saran silahkan tinggalkan komentar anda, Terimakasih ……

1 komentar:

  1. kayaknya kalau udh bicara kota BAU-BAU ndak sah kalau gak berkunjung ke Gua Lakasanya nih bg, tempatnya itu loh bg bikin greget pengen kesana nih
    btw makasih buat infonya bg

    BalasHapus